Wasiat untuk Orangtua

Wasiat yang pertama:
Pengaruh (suatu nasehat) dengan perbuatan terkadang lebih kuat dan mengena daripada ucapan; maka jadikanlah semua perbuatan kalian adalah sebuah risalah yang indah untuk anak-anak.

Wasiat yang kedua:
Hati-hati dan waspadalah dari ‘mendua’ antara ucapan dan perbuatan; karena yang demikian akan meruntuhkan kepercayaan, respon dan keteladanan.

Wasiat yang ketiga:
Dengan Tatkala engkau keluar untuk pergi shalat ajaklah anak-anak bersamamu; agar mereka terbiasa dengan ibadah shalat sedari kecil.

Wasiat yang keempat:
Tanamkan pada diri anak-anak cinta pada orang-orang fakir dan orang-orang miskin, dan bersimpati dengan orang-orang yang membutuhkan

Wasiat yang kelima:
Hendaklah untuk membiaasakan anak-anak untuk menyambung silaturahim, berbuat baik pada tetangga dan memuliakan tamu.

Wasiat yang keenam:
Membiasakan anak-anak untuk selalu berbuat kebaikan, dan berusaha keras untuk melakukan yang terbaik dan jaadikan mereka selalu berlomba-lomba. Berikan mereka uang agar mereka bisa memberikannya kepada orang-orang fakir
Wasiat ketujuh:
Ajarkan anak-anak untuk berbiacaara ynag baik tatkala bersama orang lain, mengomentari dengaan cara yang baik dan menggunakan bahasa yang indah dan penting saat mengomentari atau membalas perkataan orang lain.

Wasiat yang kedelapan:
Tanamkan pada anak-anak perempuanmu tentang kehormataan, kemulian dan hijab sedari kecil, yang demikian merupakan cara yang tepat menjaga kehormatan dan kemuliaannya saat ia besar nanti.

Wasiat yang kesembilan:
Biasakanlah anak-anak perempuanmu untuk ikut berpartisipasi mengerjakan sebagian dari pekerjaan rumah yang ringan seperti: masak, mencuci dan membantu ibu, yang demikian sarana mengajarkan mereka agar terbiasa dan merasa memiliki tanggung jawab dimasa depan.

Wasiat yang kesepuluh:
Merencanakan waktu liburan yang menyenangkan untuk anak-anak beberapa waktu saja diakhir pekan, kesempatan untuk menanamkan beberapa nilai-nilai kebaikan, dan mengajarkan beberapa kebiasaan-kebiasaan yang positif pada mereka.
[Diterjemahkan dari kitab Haqaaib at Tarbiyah Hasanah, Shalih Abdul karim hal: 2-3]

Wa Allahu A’lam Bissahwab

Oktober 8, 2019
Didesain oleh © BAIT Al-Fatih.
X